Saturday, May 06, 2006

[Bisnis] 6 Mei 2006

News:
  • PT Medco Energi Internasional Tbk akan membagikan dividen separo, US$37,69 juta, dari laba bersih tahun lalu US$74,69juta dari tahun sebelumnya US$70,12juta. Sementara itu, manajemen juga mendapatkan persetujuan untuk mengubah mekanisme penjualan saham treasury, saham hasil pembelian kembali yang dilakukan sebelumnya. Porsi dividen tersebut sama dengan posisi tahun lalu.
  • Grup Rajawali, milik Peter Sondakh, berminat menambah kepemilikan saham PT Semen Gresik Tbk setelah merampungkan transaksi pembelian 24,9% saham BUMN semen itu dengan Cemex SA.
  • Rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Astra Graphia Tbk menyetujui usulan direksi perseroan untuk membagikan dividen sebesar Rp 25 per saham atau total Rp 34 miliar yang merupakan 100% dari laba bersih tahun lalu Rp 35,07 miliar setelah dikurangi dana cadangan. Presiden Direktur Astra Graphia Lukito Dewandaya mengatakan posisi kas perseroan yang mencapai Rp 130 miliar per akhir tahun lalu, menjadi salah satu pertimbangan untuk memberikan dividen hingga 100% dari laba bersih tahun lalu.
  • Seiring rencana penerbitan obligasi minimum Rp 300 miliar, PT Bakrieland Development Tbk juga bakal mengeluarkan surat utang US$100 juta pada semester I tahun ini guna membiayai percepatan ekspansi proyek properti.
  • PT Tunas Ridean Tbk akan membagikan dividen final tunai sebesar Rp 34 per saham atau total Rp 47,44 miliar, dan akan mengakuisisi satu perusahaan pada Juni. Direktur Tunas Ridean Miranti Andiyana mengatakan perseroan akan membagikan dividen sekitar 33% dari perolehan laba bersih tahun lalu yang sebesar Rp 143 miliar.